Selasa, 21 Februari 2012

Mengenal Mikroskop

Pada umumnya rata-rata penyakit disebabkan oleh mikroorganisme yang masuk kedalam tubuh manusia dan akan menimbulkan efek tertentu terhadap tubuh. Ukurannya sangat kecil, tidak bisa dilihat oleh kasat mata. Mikroorganisme ini hanya dapat dilihat oleh sebuah alat, yang pertama kalai diciptakan oleh Zacharias Jansen asal Belanda, pada tahun 1590. Alat yang dapat melihat mikroorganisme itu disebut Mikroskop.


Jansen sehari-harinya adalah orang yang kerjanya membuat kacamata. Namun begitu mikroskop yang dianggap sempurna pada waktu itu, barulah ciptakan bentuk awalnya oleh seorang kebangsaan Belanda lain yang bernama Antony Van Leeuwenhoek pada sekitar tahun 1683.


Mikroskop (Bahasa Yunan: micros = kecil dan scopien = melihat) adalah sebuah alat untuk melihat objek yang terlalu kecil untuk dilihat dengan mata kasar. Ilmu yang mempelajari  benda kecil dengan menggunakan alat ini disebut mikroskopi, dan kata mikroskopik berarti sangat kecil, tidak mudah di lihat oleh mata.


Jenis paling umum dari mikroskop, dan yang pertama diciptakan, adalah mikroskop optis. Mikroskop ini merupakan alat Optik yang terdiri dari satu atau lebih Lensa yang memproduksi gambar yang diperbesar dari sebuah benda yang ditaruh dibidang fokal dari lensa terswbut.


Mikroskop ini dibedakan menjadi 2 berdasarkan sumber cahayanya, yaitu :

  1. Mikroskop cahaya
  2. Mikroskop elektron
Mikroskop cahaya sendiri dibagi lagi menjadi dua kelompok besar, yaitu berdasarkan kegiatan pengamatan dan kerumitan kegiatan pengamanan yang dilakukan. Berdasarkan kegiatan pengamatannya, mikroskop cahaya dibedakan menjadi mikroskop disekti untuk mengamati bagian permukaan dan mikroskop monokuler dan binokuler untuk mengamati bagian dalam sel. Mikroskop monokuler merupakan mikroskop yang memiliki  1lensa okuler dan binokuler memiliki 2 lensa okuler.






Semoga bermanfaat " Tanks"





Tidak ada komentar:

Posting Komentar